SAJIAN NASI KHAS TIMUR TENGAH ( 1 )



Hai readers pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan-hidangan ala timur tengah nih....menemukan restorant hingga kedai kecil yang menyajikan hidangan khas timur tengah cukup mudah terutama dikota -kota besar . Nah readers, ada 7 ragam nasi khas timur tengah lho... ya benar nih apalagi klo bukan nasi kebuli, nasi manddi dan nasi briyani, nasi khabsah, nasi maqlub, nasi hadramaut, dan nasi bukhari. semua nasi-nasi tersebut terlihat sama tetapi berbeda lho...yuk kita simak perbedaanya plus ada resepnya juga lho,,,, kali ini kita akan membahas nasi kebuli, nasi mandhi dan nasi briyani

 

1. NASI KEBULI



 

Nasi Kebuli merupakan hidangan yang populer di masyarakat betawi. Dan ternyata oh ternyata ini adalah hidangan asli Indonesia lho yang dibuat warga keturunan Arab Saudi. Jadi tidak heran jika banyak kita temukan hidangan nasi kebuli ini dimana _ mana di seluruh tanah air.

 

Dengan rasa gurih dan berwarna kekuningan, nasi kebuli memiliki rasa lezat yang didapat dari kaldu daging kambing yang dimasak bersamaan dengan minyak samin. Serta aroma khas nasi kebuli yang berasalkan dari penanakan nasi bersama bahan-bahan tersebut.

Gurih yang dimiliki nasi kebuli berasalkan dari campuran bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, cengkeh, lada hitam, pala, dan kayu manis. Tidak heran jika nasi kebuli kaya dan gurih rasa yang dimilikinya.

Disajikan ketika hangat bersama potongan daging kambing atau ayam bakar, serta dilengkapi dengan irisan kurma atau kismis.

RESEP NASI KEBULI

Bahan:

300 gram beras

250 gram daging kambing

2 sdm minyak samin untuk menumis

4 cm kayumanis

1/4 butir pala, memarkan

1 buah pekak

3 butir cengkeh

1 batang serai, diambil putihnya, memarkan

2 butir kapulaga

4 lembar daun jeruk, buang tulangnya

3 lembar daun salam

1 sendok teh garam

1/4 sendok teh merica hitam yang telah dihaluskan

600 ml susu tawar atau bisa juga  santan dari 1/2 butir kelapa

2 cm jahe, memarkan

 

Bumbu Halus Nasi Kebuli Kambing

 

4 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1 sendok teh ketumbar

1/2 sendok teh jintan

1/4 sendok teh adas

1 cm jahe

 

CARA MEMASAK

 

1.  1.   Rebus daging kambing dengan air, daun salam, cengkeh, dan jahe hingga matang, kemudian sisihkan air rebusannya. Potong daging kambing sesuai selera.

2. 2.    Tumis bumbu halus serta kayumanis, cengkeh, pekak, pala, kapulaga, sereh , daun jeruk dan daun salam dengan minyak samin hingga harum tambahkan garam dan gula sesuai selera.

3.  3.   masukkan potongan daging ke dalam bumbu dan masak hingga daging kambing matang serta bumbu meresap ke dalam daging.

4.   4  Masukkan susu tawar atau santan kedalam tumisan daging kambing sambil diaduk perlahan . tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya. Kemudian koreksi rasa.

5.   5.  Masak daging sampai mendidih kemudian tambahkan beras yang sudah dicuci bersih

6.     Masak sampai bumbu meresap kedalam nasi( seperti masak nasi aron)

7.    6.  Kukus nasi yang sudah diaron bersama daging selama 45 menit

8.     Nasi kebuli siap dihidangkan bersama acar timun dan kerupuk emping.

 

2. Nasi Mandhi



Untuk nasi Mandhi sendiri, merupakan menu asli Timur Tengah yang berasal dari Yaman. Rasanya didominasi dengan rempah yang kuat. Dengan menggunakan beras Basmati yang memiliki bentuk lebih panjang dan pipih.

Terkenal akan cita rasanya yang lezat, nasi Mandhi dibumbui menggunakan 16 jenis rempah serta ditanak secara tradisional.

Menggunakan rempah seperti kapulaga, cengkeh, dan bunga japaron. Warna kuning kecoklatan dan aroma khas yang ada pada nasi mandhi merupakan hasil dari bunga japoran. Disajikan dalam piring yang mirip dengan loyang bersama sayuran berisikan potongan kentang, wortel, dan terong.

Daging kambing yang biasa disajikan pada nasi mandhi, sebelumnya dibaluri aneka rempah yang kemudian diasap dengan menggunakan tungku tradisional.

RESEP NASI MANDHI

Bahan

1 kg Beras Basmati, rendam 1 jam

1 kg Daging kambing

14 siung Bawang merah

13 siung Bawang putih (5 siung untuk merebus daging, 8 siung untuk dihaluskan)

2 pcs Bawang bombay

4 ruas Kunyit

4 ruas Jahe geprek

4 batang Sereh geprek

4 batang Kayu manis

10 buah Cengkeh

12 buah Kapulaga

10 buah Kapulaga hijau

6 buah Bunga lawang

1 buah Pala

2 sdm Ketumbar

2 sdm Jinten

8 lembar Daun salam (3 lembar ditambahkan saat merebus daging tanpa bumbu, 5 lembar ditambahkan saat merebus daging dengan bumbu)

10 lembar Daun jeruk

6 sdm Garam masala

1 liter Air

Gula pasir

Garam

Penyedap rasa

Lada bubuk

Secukupnya minyak goreng untuk menumis

 

Bahan pelengkap:

 

Secukupnya Bawang goreng untuk taburan

Secukupnya Daun ketumbar

Secukupnya Tomat

Secukupnya Timun

 

Cara memasak

1.     Cuci bersih daging kambing yg sudah dipotong-potong. Masukkan ke dalam panci berisi air, geprek bawang putih dan jahe, serta daun salam. Tutup panci. Rebus hingga empuk.

2.     ika daging sudah cukup empuk, matikan kompor. Tiriskan daging. Sisihkan.

3.     Saring kaldunya agar bersih dan tidak ada kotoran.

4.     Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, pala dan jinten. Sisihkan.

5.     Cincang bawang bombay. Sisihkan

6.     Tumis bumbu yang telah dihaluskan di panci lain. Tambahkan irisan bawang bombay, jahe geprek, sereh geprek, kayu manis, cengkeh, bunga lawang, kapulaga putih dan kapulaga hijau, serta daun salam dan daun jeruk. Aduk-aduk. Tumis hingga layu dan matang.

7.     Jika bumbu sudah harum dan matang, masukkan rebusan daging kambing. Aduk-aduk.

8.     Tambahkan air kaldu, garam masala, gula, garam, penyedap rasa dan lada bubuk. Aduk sampai rata. Tutup panci. Rebus dengan api kecil ke sedang agar bumbu meresap ke dalam daging.

9.     Di panci bekas masak daging sebelumnya, masukkan beras basmati yang sudah direndam dan dicuci.

10. Tanak bersama sisa kuah dan bumbu daging sampai empuk dan matang. Aduk-aduk hingga merata.

11.   Sajikan dengan menaruh nasi basmati dengan daging kambing. Berikan taburan bawang goreng, irisan tomat, timun dan beberapa batang daun ketumbar atau seledri.

Catatan : daging kambing bisa diganti daging daging sapi maupun ayam

 

3. NASI BRIYANI



Sedangkan jenis nasi yang satu ini berasal dari India. Berbahan dasar beras Basmati, namun nasi briyani berwarna kuning kemerahan.

Nasi Briyani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan aroma rempah lebih tajam, karena menggunakan rempah-rempah seperti kacang-kacangan, salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, dan bawang bombay.

Pada nasi Briyani terdapat bumbu penting yaitu garam masala yang memiliki racikan rempah berupa cengkih, kapulaga, kayu manis, daun cassia, biji pala, dan fuli.

Warna kemerahan yang dihasilkan berasal dari tomat yang dicampurkan bersama nasi ketika ditanak.

RESEP NASI BRIYANI

Bahan

Ayam 1 ekor

Cabai giling atau cabai yang sudah dihaluskan 2 sendok makan

300 ml yogurt tawar

Daun Ketumbar Cincang 1 sdm

Daun Mint Cincang 1 sdb

Kapaluga 6 butir

Cengkeh 6 buah

Kayu Manis 5 butir

Minyak samin 3-4 sdm

Bawang merah 200 gram di iris tipis

Bumbu-bumbu halus:

Bubuk Bawang Putih 1 sdm

Bubuk Jahe 1 sdm

Bubuk Pala ¼ sdt

Bubuk merica sdt

Garam 1 ½ sdm

Garam Malasa 1 ½ sdt

Bahan Nasi:

 Beras Basmati 500 gram

Garam 1 sdt

Mentega 50 gram

Tomat

Perasan jeruk lemon

Saffron 1 sdt (bisa skip)

Air Panas 2 sdm

Bahan Pelengkap Lain:

Kismis 2 sdm

Kenari Panggang 2 sdm

Telur rebus yang sudah potong-potong

Cara membuat

1.     Masukan semua bumbu halus dalam satu wadah lalu sisihkan. Kemudian potong ayam menjadi 12 potong (bisa disesuaikan). Masukkan ayam bersama yogurt, cabai, daun ketumbar, daun mint, kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan bumbu halus yang sebelumnya sudah di campur. Aduk sampai rata dan diamkan selama 3-4 jam dikulkas

2.     Masukkan minyak samin didalam wajan, lalu tumis bawang merah sampai aromanya tercium. Masukkan ayam yang sebelumnya sudah didiamkan dikulkas kemudian aduk hingga ayamnya berubah dan kuahnya kental. Lalu sisihkan.

3.     Untuk nasinya, rendam beras selama 30 menit, kemudian bersihkan dan tiriskan airnya. Masak beras dengan air kurang lebih 600 ml. Masukkan air jeruk lemon , tomat serta garam dan 30 gram mentega, aduk-aduk hingga rata dan tunggu beras matang menjadi nasi aron.

4.     Setelah berubah menjadi nasi aron, masukan 1 sendok teh larutan saffron kemudian aduk-aduk sampai rata dan tambahkan sedikit ayam serta bumbunya yang sudah dimasak. Campur dengan cara mengaduknya hingga rata hingga menjadi nasi berwarna kekuning-kuningan

5.     Masukkan nasi putih ke dalam nasi kuning, aduk asal dan pindah ke dalam dandang yang sudah dipanaskan. Campurkan di atas nasi, taburkan daun mint dan daun ketumbar yang sebelumnya sudah di cincang. Kukus nasi selama 30 menit hingga matang.Setelah matang, taruh nasi biryani lalu taburkan kismis dan kenari. Kemudian tambahkan telur rebus. Nasi Biryani siap disantap.

Gimana riders.....sudah tahu kan perbedaan ke 3 nasi ini.... selamat mencoba.....

Happy cooking😊😊😊


 

 


Post a Comment

0 Comments