SANUR VILLAGE FESTIVAL XIV/2019 KEMBALI DIGELAR DI PANTAI MATAHARI TERBIT BERTEMAKAN MEMULIAKAN BAMBU.


Pantau.Co.Id | Sanur Village Festival XIV/2019 tahun 2019 adalah 8 besar kegiatan tahunan kalender pariwisata nasional Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dari 101 kegiatan pariwisata nasional yang pada tahun ini dimulai dari tanggal 21-25 Agustus 2019 di Pantai Matahari Terbit Sanur.

Tahun ini kembali menyajikan kreasi, inovasi, dan kolaborasi berbasis komunitas warga Bali khususnya yang setiap tahun diharapkan dapat menarik minat pengunjung dan selalu menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Sanur Village Festival tahun ini mengambil tema "Dharmaning Gesing" yang artinya memuliakan bambu. Kenapa bambu, karena filosofi bambu yakni persatuan dan kesederhanaan, "the symbol of universe" begitu luar biasa, persatuan karena selalu rumpun bukan satuan dan kesederhanaan karena semakin tinggi ujungnya semakin merunduk dan bambu menyimpan banyak manfaat lainnya sebagaimana diketahui. 

Hal ini disampaikan Ketua Umum Sanur Village Festival Ida Bagus Gede Sidharta Putra atau akrab disapa Gusde di acara "press conference" di Griya Santrian Resort Bali Sanur bintang 4 dengan semua fasilitas luar biasanya. Beliau adalah icon dan inspirasi Sanur Village Festival sekaligus Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, beliau mengatakan branding yang telah terbangun hingga kini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan bersama warga ingin terus memberikan sumbangsih bagi keberlanjutan pariwisata yang menjadi penopang ekonomi terbesar di wilayah Sanur khususnya untuk menggerakkan berbagai komunitas untuk tak henti menyajikan kreasi, dan inovasi terhadap kemanfaatan tanaman bambu yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Bali dimana Bali aman untuk dikunjungi wisatawan dari belahan bumi manapun.

"Kami terus akan melakukan evaluasi dan meningkatkan kualitas kemasan festival agar tetap menjadi daya tarik dan menjadi kenangan mengesankan bagi para pengunjung termasuk wisatawan, tambah Gusde, Senin (19/8/2019) di Griya Santrian Resort Bali Sanur.

Sanur Village Festival tahun ini menggelar kurang lebih 20 pagelaran acara diantaranya berbagai jenis kesenian tradisional, fashion, makanan dan musik yang dari tahun ke tahun partisipasinya terus meningkat dan akan dihibur musisi-musisi terkenal dan lokal diantaranya Indra Lesmana, Trio Lestari, Pongki Barata, Krakatau Band, Isyana Saraswati, Dewa Budjana, Navicula, Kunto Adji, Gus Tedja, Katon Bagaskara dengan 3.000 total musisi dan semuanya mengangkat bambu sebagai material utamanya dengan terus mengedepankan kebersihan dan jauh dari plastik dengan target 100 ribu pengunjung.

Sebelumnya Sanur Village Festival diawali dengan penyelenggaraan International Sanur Kite Festival yang diikuti peserta dari 26 negara dengan 1.300 peserta, Sunari & Pindekan Contest dan Photography Contest & Exhibition yang diikuti 31 fotographer yang seluruh hasil karyanya menghusung tema bambu dan digelar sepanjang festival di Griya Santrian Hotel Sanur, Local Sanur Kite Festival, Surfing Competition yang ditutup pada Minggu (18/9/2019), Dialog Budaya Sanur Village Festival pada Jum'at (9/8/2019) yang menghadirkan 4 narasumber pada kesemuanya dimulai dari Jum'at (9/8/2019) dan ditutup pada Minggu (18/8/2019).

Di ujung Sanur Village Festival nantinya akan diadakan parade pada hari Minggu (25/8/2019) di Jalan Danau Tamblingan Sanur sehingga benar-benar jangan dilewatkan.

Sepanjang 5 hari pelaksanaan festival sejak pagi hingga malam hari diisi juga berbagai aktivitas diantaranya Bonsai Contest, Tennis Competition, Penjor Competition, Jukung Competition, Kite Surfing Competition, Village Cycling Tour, Coral Conservation, Food Festival, Food Heritage, Green Booth, Sanur Bazaar, Coral Plantation, Music and Culture Show, Painting on the spot, Coffee Education & Cupping Pura Cepa Beans, Bartender Mixologi, Beach Clean Up & Tree Planting, Lomba Mewarnai Tingkat TK, Paws Walk & Animal Health Day BAWA, Santrian Yoga Festival & Baby Turtle Release, Santrian Regatta, Sailing Competition, Aerobic Competition, Fun Bike, Fishing Competition, Parade Beleganjur dan banyak lainnnya. Jadi jangan tunda lagi , kunjungi Sanur Village Festival di Pantai Matahari Terbit Sanur dari tanggal 21-25 Agustus 2019 bersama rekan, teman dan keluarga tercinta.(Yesi)

Post a Comment

0 Comments