Blimbingsari Festival 2022 Upaya Membangkitkan Kembali Kunjungan Pariwisata

 PANTAU TERKINI Jembrana Bali 2 Nopember 2022.


Desa Blimbingsari terletak di Bali Barat, tepatnya berada di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. 

Saat ini desa Blimbingsari dipimpin oleh I Made John Ronny sebagai perbekel (Kepala Desa). Mayoritas desa ini penduduknya memeluk agama Kristen. Icon desa Blimbingsari berupa sebuah bangunan megah yakni gereja dengan arsitektur bangunan Bali yang gerejanya diberi nama Jemaat Pniel Blimbingsari, bernaung di bawah Sinode Gereja Kristen Protestan di Bali.

Bekerja sama dengan pemerintah setempat, serta didukung oleh seluruh umat, dan didampingi oleh I Nengah Rata Artana,  S Sn., M. Sn  Yang juga Dewan Pakar MIO Bali dan  juga Beberapa dosen lainnya sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari Perguruan Tinggi Universitas Dhyana Pura,  ditahun 2022 ini, diselenggarakan Blimbingsari Festival.

Adapun, penggagas festival Bapak Pdt. I Nyoman Yohanes, M.Th yang juga pelayan umat setempat mengatakan bahwa tujuan diadakan Blimbingsari Festival ini secara umum agar umat mampu menjadi berkat dan terang bangsa-bangsa. 

Sedangkan tujuan khususnya diantaranya adalah agar Blimbingsari kembali didatangi wisatawan (dari dalam dan luar negeri) dengan menyuguhkan acara yang atraktif dan menarik berlandaskan kasih dan iman Kristen.


Acara telah dibuka pada Minggu, 31 Oktober 2022 oleh Kepala Desa Blimbingsari serta diberikan kehormatan untuk bersama-sama membuka acaranya ditandai dengan pemukulan gong oleh Ibu Salomina Meyke Salima, S.H.,M.H. yang juga penjabat Kajari Jembrana.

Acara akan berlangsung dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 27 Nopember 2022.

Kegiatan yang diadakan antara lain; pameran dan penjualan kuliner, jalan santai, bazar, Blimbingsari Mencari Bakat, pameran bonsai, suguhan paduan suara musik gereja nusantara, serta Blimbingsari Festival akan berpuncak pada Minggu 27 Nopember 2022 dengan diadakan  puncak HUT PNIEL dirangkai dengan Pelepasan Liaran 20 ekor buruk Curik Bali.

Bagi masyarakat yang hendak berkunjung, diharapkan akan tetap mematuhi protokol kesehatan. Seluruh panitia berharap, acara ini akan dapat dikunjungi sambil melihat desa wisata Blimbingsari yang asri, bersih dan damai.

(Red/Ukie)

Post a Comment

0 Comments