GELANG AJAR 2022 KWARTIR CABANG DEPOK DIGELAR DI GEDUNG PRAMUKA KOTA DEPOK



Pantau Terkini | Depok | Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Depok melaksanakan Program Kerja berupa kegiatan Gelang Ajar 2022, bertempat di gedung pramuka Kwarcab , kalimulya kecamatan cilodong Depok, sabtu 26 juni 2022.

Gelang ajar adalah kegiatan pertemuan pramuka, yang pesertanya para pembina siaga, penggalang dan penegak. Gelang Ajar juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk para pembina agar dapat memberi arahan kepada anggota Pramuka di gugusdepannya sehingga memiliki Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK).

Menurut Ketua panitia Kak Ananta, gelang ajar 2022 memiliki konsep dari kita, untuk kita, dan bertujuan saling bertukar pikiran yang mereka terima dari gugus depan untuk mengadakan sharing di acara ini. Disini mereka melakukan sinergi dengan konsep  pemerintah dalam hal  kurikulum kepramukaan.



Ektra wajib Pendidikan Kepramukaan (EWPK) bukan sebagai pendidikan pramuka karena pramuka dibagi menjadi tiga bagian,  yaitu pramuka itu orangnya, kepramukaan sebagai kegiatannya, dan gerakan pramuka adalah organisasinya. Apabila pramuka ada anggota dewasa dan anggota muda, hal ini yang membuat kepramukaan harus memiliki metode.

"Dalam pelaksanakan kegiatan disekolah, kegiatan rutin Wajib Pramuka dengan memakai seragam pramuka sedangkan EWPK tidak harus berseragam pramuka," pungkas Ananta.

Kak Ananta sebagai Ketua panitia memiliki harapan kedepan dengan pelaksanakan kegiatan Gelang ajar 2022. "Para peserta dapat menjabarkan bahwa EWPK itu bukan hanya mewajibkan berpakaian pramuka  dan berkegiatan pramuka saja tapi metode pramukanya yang diimplementasikan dalam kegiatan pendidikan, artinya para guru bisa mengajar kurikulum pendidikan kepada siswa dengan metode kepramukaan di sekolah," tutupnya. (Larry)

Post a Comment

0 Comments