Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok Akhiri Kegiatan Pelatihan Bank Sampah



 Depok | PantauTerkini | Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menutup seluruh rangkain kegiatan pelatihan bank sampah dan sosialisasi pemilahan sampah tingkat kecamatan se Kota Depok tahun anggaran 2023 di kantor Kecamatan Cimanggis, Jumat pagi (20/10/23).

Kegiatan terakhir pelatihan bank sampah dan Sosialisasi Pemilahan Sampah yang diikuti sebanyak 80 pemilik dan pengelola bank sampah wilayah Cimanggis dibuka resmi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cimanggis, Yan Cahyanto di aula kecamatan Cimanggis, Jumat (20/10/23).

Dalam kegiatan pelatihan bank sampah dan pemilahan sampah di aula kantor Kecamatan Cimanggis dihadiri pula Kepala DLHK Kota Depok, Abdurrahman yang akrab disapa Abra dan Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok, Nelson Da Silva Gomes.

Saat membuka resmi kegiatan tersebut, Sekretaris Kecamatan (Sekcam,) Cimanggis, Yan Cahyanto memberikan apresiadi dan ucapan terima kasih kepada DLHK Depok atas kegiatan yang diadakan di kanror Kecamatan Cimanggis.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada DLHK Kota Depok sudah memfasilitasi bank-bank sampah di Cimanggis untuk di-upgrade kembali," ucap Sekcam Cimanggis.

Dia juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pelaku bank-bank sampah di Cimanggis karena hingga kini masih menunjukan semangatnya untuk tetap eksis mengelola bank sampah yang notabene suatu pekerjaan sosial.

Sebagai mantan Camat Cimanggis, yang kini menjabat Kepala DLHK Kota Depok, Abdurrahman yang akrab disapa merasa senang dan bangganya karena bank sampah sebanyak 80 titik di Cimanggis masih tetap eksis mengelola bank sampah masing-masing.

"Sebagai orang yang pernah bertugas di Cimanggis tentu saja saya merasa bangga ternyata para pengelola bank sampah masih tetap eksis dan bersemangat. Apalagi kabarnya bank sampah di Cimanggis terbanyak di Kota Depok, dan masih tetap eksis, terima kasih untuk semuanya," tutur Abra.

Kepala Bidang Kebersihan dan Kemutraan DLHK Kota Depok, Nelson Da Silva Gomes menjelaskan, pada dasar materi pelatihan bank sama di sebelas kecamatan sama, tetapi pembentukan bank sampah bukan dalam wujud.

"Utamanya bukan melatih peserta membuat bank sampah, tetapi intinya  mengevaluasi  kegiatan bank-bank sampah yang sudah ada. Kebetulan di wilayah Cimanggis terdapat 80 bank sampah masih aktif dan terbanyak se Kota Delok," kata Nelson kepada Pantau.co.id di kantor Kecamatan Cimanggis, Jumat pagi (20/10/23).

Menurut Nelson, di Kota Depok terdapat sekitar 300 bank sampah, namun di masa pandemi aktifitas bank sampah aktifitasnya terpengaruh pandemi Covid 19." Secara fisik bank sampah tidak berkurang, tetapi aktifitasnya memang agak berkurang, untuk itu kami ingin memotivasi para pengelola dan pemilik untuk kembali kelola bank-bank sampah," ujarnya.

"Kami sudah keliling di setiap kecamatan dimulai dari Kecamatan Cilodong, Kecamatan Beji, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Sawangan, Kecamatan Bojongsari, Kecamatan Cinere,  Kecamatan Sukmajaya, Kecamatan Tapos dan berakhir di Kecamatan Cimanggis," kata Nelson.

Menurut dia, sesungguhnya pelatihan bank sampah intinya untuk memotivasi pengelola bank sampah dan masyarakat agar menggiatkan kegiatan pemilahan sampah dari rumah tangga. (jaya)

Post a Comment

0 Comments