Program YESS tolak 150 Petani Milenial

 


Sukabumi Pantau Terkini.co.id

Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang dibiayai oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD). Tak kurang dari  55,3 juta dollar AS digelontorkan IFAD untuk program selama 6 tahun dari tahun 2019 sampai 2025.

 

Pemerintah menargetkan, program YESS adalah sebagi upaya untuk menghasilkan wirausahawan milenial yang berkualitas disektor pertanian  khususnya para petani milenial yang ada dipedesaan

 

“150 orang petani muda warga masyarakat Desa Sukamaju Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, telah mendaftarkan diri pada Progran YESS tersebut, akan tetapi dari 150 orang tersebut luput tidak diterima seorangpun, entah apa yang terjadi pada petugas penerima pendaftaran,” ungkap salah seorang pendaftar yang tidak mau disebut namanya, seraya menambahkan, “Kami kecewa tidak diterima sebagai peserta program YESS, kami adalah petani muda (milenial)  yang hidupnya paspasan, terlahir dari keluarga kurang mampu yang rentan terhadap kemiskinan”Kelunya

 

Dilansi dari lama resmi Kementrian Pertanian (11/10) Program YESS akan dilaksanakan diempat Provinsi pada 15 Kabupaten yaitu Provinsi Jawa Barat (Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Tasikmalaya dan Kab Subang), Jawa Timur (Kab. Malang, Kab Tulungagung dan Kab Pacitan), Kalimantan Selatan (Kab Banjarbaru, Kab Tanah Laut dan Kab Tanah Bumbu); dan Provinsi Sulawesi Selatan (Kab Bantaeng, Kab. Bone, Kab Bulukumba  dan Kab Maros).

 

Sasaran program adalah kaum muda diperdesaan dari keluarga kurang mampu serta kaum muda yang rentan terhadap kemiskinan. Target yang akan dicapai selama 6 tahun program ini adalah 320.000 generasi muda diperdesaan.

 

Sampai berita ini diturunkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi belum dapat dihubungi, (Red***)

 

 

Editor        : Usep

 

 

Post a Comment

0 Comments