PANTAUTERKINI.JAKARTA – Majelis Silaturahmi Warga Brebes (MASIGAB) menunjukkan program kerja sebagaimana mestinya paguyuban warga perantau Jakarta dengan terus berbuat untuk daerah kelahirannya, khususnya berorientasi pada keterlibatan dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sejauh ini Kab Brebes masih di urutan bawah se-jawa tengah.

“ Sampai dengan 1 tahun kepengurusan Masigab sudah ada 25 point kegiatan yang sudah dilaksanakan. fokus kami yakni pada bidang pendidikan dan ekonomi yaitu pengembalian anak sekolah dengan menjadi orang tua asuh dan pembuatan Taman Bacaan Masyarakat sebagai bentuk dukungan program pengembamgan literasi juga pendirian Koperasi dan UMKM,” tutur Toto Carto saat dengar pendapat dalam rangka Rakor Masigab di Sekretariat,

Selaku Ketua Umum Masigab dirinya mengatakan, dengan banyaknya program kerja yang sudah dicapai menandakan kepedulian Masigab yang jelas terhadap upaya memajukan Kabupaten Brebes, semuanya itu kami fokuskan untuk kampung halaman tercinta Kabupaten Brebes,” katanya.

Selanjutnya pada November 2018 , Masigab berkomitmen dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dalam acara audiensi dengan para pejabatnya menyatakan bahwa semua program kerja akan diarahkan untuk brebes dengan menggandeng para akademisi untuk bersinergi.

Langkah konkret kami, dalam rangka mengabdi untuk brebes melalui Masigab, dan kami sampaikan semua isu apa yang bisa kami bantu untuk Brebes dan alhamdulilah di respon baik oleh pihak Pemda Brebes.

“ Sejauh ini Masigab sudah merangkul semua komunitas dan para akademisi agar dapat melakukan langkah-langkah konkret serta solusinya dan berbuat untuk daerah brebes, sehingga di akhir nanti brebes dapat terangkat dari sisi IPM,” tambahnya.

Adapun 25 point program kerja yang sudah terlaksana khusunya di bidang Pendidikan yakni Pengembalian Anak Asuh dan Literasi, bidang Sosal yaitu pemberian santuan anak yatim/ pemberian paket alat tulis bagi anak yatim, peduli banjir, peduli karang taruna dengan pemberian kaos futsal ke dua kecamatan , Ekonomi fokus ke UMKM, Warung pintar, pengkoordiniran mudik gratis, keikutsertaan lomba dari paguyuban jawa tengah 35 kabupaten/kota se jateng, ikut bagian dalam kegiatan pentas seni budaya brebes, dan ditahun 2019 akan fokus lagi terhadap point IPM serta pariwisata dengan menggerakkan para generasi milenia .

Masrowi Mase salah satu Pembina Masigab Brebes, mengungkapkan, keterlibatan para generasi milenia di kepengurusan sekarang sangat membantu program kerja , terutama dalam membantu kabupaten brebes.
(Red - CN/eko)