UNINUS Bandung Menggelar Webinar Nasional Pendidikan

 


PANTAUTERKINI.CO.ID, Kabupaten Tangerang, - Pelaksanaan pembelajaran dari waktu ke waktu mengalami beragam dinamika. Salah satunya adalah pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 mulai dari tingkat perguruan tinggi, menengah sampai dasar, Hal ini yang menjadi dasar pertimbangan Mahasiswa Program Doktor Perguruan Tinggi Kampus Universitas Islam Nusantara  ( UNINUS ) Bandung Angkatan 2019 melaksanakan Webinar Nasional Pendidikan, sabtu, ( 3/7/21 ).

Acara yang dipandu Master Ceremonial oleh Noerlina Anggraeni, S.Sos., M.Pd dan Susilawati, M.Pd berlokasi di hotel Santika Bintaro

Panitia Webinar Nasional Pendidikan menyelenggarakan Kegiatan Webinar Nasional Pendidikan yang bertemakan “Problematika dan Solusi Pendidikan di Indonesia.


Dalam laporannya Ketua Panitia Drs. Fikron Al Chair, M.Pd menyampaikan  Dengan jumlah peserta terdaftar 517 orang dari berbagai daerah se-Indonesia dan perwakilan luar negeri mengikuti webinar yang dilaksanakan dari kantor masing-masing.

Pada kesempatan yang baik ini Keynote speaker Dr. H. Waska Warta, MM menyampaikan Webinar ini menjadi pembelajaran yang bagus untuk para pembelajar baik tingkat akademisi maupun masyarakat umum karena problematika dan solusi pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja namun semua harus memiliki kontribusi terhadap pendidikan dan permasalahannya.


Rektor Universitas Islam Nusantara Bandung Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, M.Si dalam sambutannya sekaligus Membuka Webinar ini dengan resmi memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para mahasiswa Program Pasca Sarjana Program Doktor Universitas Islam Bandung dalam menjungjung tinggi guna mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan sesuai dengan misi Universitas Islam Nusantara Bandung diantaranya  Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi akademik serta integritas pribadi sebagai cendekiawan muslim; Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya bedasarkan nilai – nilai keislaman yang relevan dengan kebutuhan masyarakat; 

Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan berdasarkan nilai – nilai islam; Menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan berdasarkan prinsip – prinsip otonom, kredibel, akuntable dan transparan, serta ; Mengembangkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak di dalam dan diluar negeri berdasarkan prinsip – prinsip kesetaraan.. 

Narasumber Webinar Pendidikan Nasional Tahun 2021 ini adalah Para akademisi dari berbagai latar belakang pendidikan dan dosen di kampus antara lain Drs. Sri Satata, MM., Dra. Hj. Hadijah Muksin, MM., Ir. Makmur, M.Eng., 

dengan para pembahas dari berbagai pakar dibidang keilmuan masing-masing diantaranya Drs. H. Muhammmad Takdir, MM., Lucia Madungtyas, ST., MM.,CHRA.,CPHCM.,CT.,CHt.,Ched., Bagaskoro, S.Kom., MM. yang dipimpin oleh seorang Moderator Raden Roro Vemmi Kesuma Dewi, M.Pd. 

Peserta webinar sangat antusias menyimak paparan dari narasumber dan banyak sekali di kolom chatt pertanyaan yg disampaikan peserta diantaranya yg disampaikan langsung oleh saudari Nyai Santi Guru SDN Rawakidang dari Kabupaten Tangerang menanyakan kondisi guru di Australia tdk disibukkan dgn tugas administrasi sehingga mereka ada waktu untuk mendidik siswa. sedangkan di Indonesia guru SD disibukkan dgn berbagai tugas administrasi. sehingga tdk ada waktu untuk mendidik, hanya bisa mengajar oleh karenanya kondisi guru tdk lepas dari kebijakan pemerintah thd guru dlm pembelajaran mohon pencerahannya kpd Narsum pertama Bu Hadijah Muksin. 

Penanya selanjutnya dari nenden  mohon izin bertanya bapak Sri menurut bapak adakah solusi yang akurat untuk mengatasi pembelajaran digital yang digital skill yang mudah dipahami peserta didik dan peserta didik mendapatkan ilmu seperti waktu belajar tatap muka,karna beberapa orang tua murid menyampaikan belajar online. 


>>(Mut) 

Post a Comment

0 Comments