THE ROLLING STONES, BAND TERBESAR SEPANJANG MASA

 The Rolling Stones adalah sebuah band rock Inggris yang mulai terkenal sejak tahun 1960-an[1] masih terkenal hingga sekarang. Apabila dianalogikan, The Rolling Stones adalah sebuah batu yang hingga kini masih menggelinding, entah sampai kapan.



Dibentuk di London, Januari 1963. Tetapi sesungguhnya cikal bakal Stones sudah ada sejak tahun 1962 dengan formasi awal yang terdiri dari Mick Jagger (Vokal, Harmonika), Keith Richards (Lead Gitar, Harmonika), Brian Jones (Rhytm Gitar, Harmonika), Mick Avory (Drums) dan Dick Taylor (Bass). Kelak sang drummer Mick Avory akhirnya bergabung dengan The Kinks dbp Ray davies, dan Dick Taylor mendirikan bandnya sendiri yaitu The Pretty Things.


Band dengan formasi kuintet ini didirikan oleh Brian Jones (kelahiran Cheltenham, Inggris, 28 Februari 1942). Ia meninggalkan Cheltenham dan pergi ke London untuk membuat grup musik. Sebelum mendirikan The Rolling Stones, Brian sempat bergabung dengan band Cheltone Six (Sebagai pemain klarinet) dan The Ramrods. Ketika di London, Brian bertemu dengan Mick Jagger dan Keith Richards, yang di mana akhirnya mereka bertiga membentuk sebuah grup musik yang bernama Little Blue & The Blue Boys




Diawal penampilannya formasi Rolling Stones adalah Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Brian Jones (multi instrumentalis), Bill Wyman (bass), Charlie Watts (drum) dan terakhir Ian Stewards (keyboard) yang setelah dipertimbangkan sudah tidak sesuai lagi dengan idola remaja (pada masa itu) ada sumber lain yang menyatakan kelompok band dengan anggota 6 orang, personilnya akan lebih sulit dikenal satu persatu oleh penggemar dibanding band dengan anggota 4 atau 5 orang, akhirnya keluar dengan hormat dari formasi kelompok musik tersebut dan kemudian menjadi tour manager sekaligus pemain keyboard kelompok ini pada tahun 1963 hingga wafat tahun 1985. Jones dianggap memimpin band selama Jagger dan Richards menciptakan lagu yang kelak menjadi lagu-lagu hit kelompok ini, Hingga tahun 1969 peranan Jones makin jauh berkurang bahkan dia tidak bisa ikut tur ke Amerika Serikat karena alasan hukum, dia mengundurkan diri dengan hormat dari band tersebut. Beberapa minggu kemudian Jones ditemukan tewas tenggelam. Gitaris Mick Taylor mengganti posisinya bergabung dengan Rolling Stones dan mungundurkan diri tahun 1974, 

kemudian posisinya digantikan oleh Ronnie Wood. Bill Wyman mengundurkan diri tahun 1992 posisinya diganti Darryl Jones tetapi tidak masuk dalam formasi band sepenuhnya. 



Saat ini personil yang masih aktif dan bertahan paling lama setelah beberapa pergantian personil adalah :

Mick Jagger.

Keith Richards

Ronnie Wood

Charlie Watts

Mereka rata2 saat ini sudah berusia diatas 70 tahun - 78 tahun tapi yang menggelitik saya membuat artikel tentang THE ROLLING STONES diusia kakek2 tsb para personil tetap mampu menjaga kebugaran tubuhnya terlepas dari kehidupan mereka masa lampau yang ketergantungan alkohol dan drugs.

Mick Jagger tetap energik menyanyi, menari sambil berlari dari ujung keujung panggung. Keith Richards masih sanggup meliuk liukkan tubuh dan kakinya sambil bermain gitar, Ronnie Wood masih lincah bermain gitar dan memang yang paling dingin di panggung sejak masih muda adalah Charlie Watts tapi personil tertua ini masih stabil gebukan drummnya. 

The Rolling Stones adalah Legenda Hidup yang tetap eksis hingga saat ini dan semoga istirahat panjang tidak manggung selama pandemi tidak mempengaruhi fisik dan stamina mereka. Bravo Rolling Stones 

panterbali-ukie

Post a Comment

0 Comments