Pembicaraan dipimpin langsung oleh Walikota Denpasar Bpk Kadek Agus Arya Wibawa bersama Kabag Kerjasama Pemkot Denpasar Ibu I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty.




Selamat Pagi, salam sehat sejahtera selalu.

Berbicara tentang peningkatan kualitas pendidikan menjadi tantangan bagi dunia pendidikan di Bali, khususnya Kota Denpasar. Hal ini salah satunya dapat dilaksanakan dengan peningkatan kualitas pemeliharaan Bahasa Inggris.

“Berkembangnya Kota Denpasar sebagai pusat pendidikan juga diharapkan mampu memberikan peluang kepada seluruh masyarakat untuk menguasai bahasa sebagai sarana pengembangan industri kreatif dan menjadi motor penggerak perekonomian.

Hampir sebagian besar masyarakat dunia menggunakan Bahasa Inggris, sehingga diharapkan guru-guru dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga mampu meningkatkan daya saing SDM.

Kami sangat berharap melalui program “Bahasa Inggris untuk guru” yang telah didukung penuh oleh kedutaan besar inggrish raya di Jakarta dan kerjasama terjalin antara Pemkot Denpasar dengan Cambridge University merupakan program inovasi Denpasar To The World untuk berbagi informasi mengenai pelajaran Bahasa inggrish dan tata cara mengajar dengan penuh enjoy and happy yang tentu saja untuk meningkatkan kualitas Pendidikan serta peningkatan daya saing Pendidikan di era revolusi Industri 4.0.

Kedepannya bentuk-bentuk kegiatan seperti happy learning dalam bahasa Inggris juga dapat menyasar para ASN di kota Denpasar, perangkat desa serta UMKM Kota Denpasar, apalagi di pandemic covid-19 banyak hal yang harus berubah pola hidup, pola pikir serta pola Pendidikan lebih kepada system online dan terjangkau luas.

Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung program pembangunan di Kota Denpasar melalui kerjasama ini antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Kedutaan Besar Inggris dengan melibatkan Cambridge University di dalam peningkatan SDM di bidang Bahasa Inggris tentu saja ini dapat terus terjalin  dengan baik dan terarah serta memiliki pondasi yang kuat dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kota Denpasar.

Noted :

Pemerintah Kota Denpasar telah melaksanakan MOU dengan Cambrifge University Press Indonesia pada bulan Pebruari 2020 sebagai peninglkatan SDM di Kota Denpasar pada program English For teacher.

25 guru ASN yang lolos telah menerima sertfikasi dari Cambridge University dengan program ini maka akan meningkatnya pola pengajaran bahasa inggris di tingkat SD dan SMP pada guru-guru ASN.

Pendapat dari Mrs Liem Chieng Pier sebagai Cambridge Assesment English yang berlokasi di Singapore sangat mengapresiasi program yang telah terlaksana dan memang benar bahwa Kota Denpasar merupakan gate way international jadi semua orang sangat perlu berbahasa inggris 

Harapan kedepan agar program ini dapat kembali berjalan dengan menyasar UMKM, ASN di pelayanan publik termasuk juga para aparatur desa / kelurahan.

ukie panterbali