Tegal – Program Jogo  Togo yang digulirkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki peran yang sangat penting dalam upaya penanganan Covid-19 dengan menggunakan Konsep  mengedepankan partisipasi aktif warga di tingkat wilayah dinilai mampu meminimalisir angka penularan Covid-19


Sepertihalnya yang diterapkan masyarakat di lingkungan Rw 07 Kampung Siaga Candi di Desa Mejasem Barat, Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal , Saat ditemui tim Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal pada Senin (24/05/2021) Ketua Satgas Jogo Tonggo  Cahyo Tri Atmojo sekaligus ketua RT 07 Rw 07 mengungkapkan jika satgas ini terbentuk atas dukungan untuk mengamankan lingkungan dari rantai penularan virus corona.


“Dibentuknya Satgas  ini berawal dari kesepakatan bersama warga sebagai usaha mencegah penyebaran virus corona. Adanya sistem pengamanan lingkungan ini juga sekaligus memupuk dan meningkatkan rasa solidaritas antar warga, saling menjaga, saling membantu di tengah musibah dan penderitaan akibat pandemi Covid-19,” ujarnya


Menurutnya diantara konsistensi kinerja Satgas Jogo Tonggo di lingkungannya adalah menjaga sarana tempat cuci tangan dan sabun  tersedia, terpelihara dan berfungsi efektif. Sarana cuci tangan ini ada di halaman depan masing-masing rumah warga. Selain itu, secara rutin pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan, minimal satu minggu sekali.


“Sampai sekarang, pandemi sudah berjalan lebih dari satu tahun, kami masih rutin jaga malam untuk memantau aktifitas warga, selain membuka ruang komunikasi warga. Warga melaporkan jika ada kedatangan tamu dari luar, atau apabila menjumpai seseorang yang bukan warga sini, maka akan kami data,” ujarnya. (Red)